Vinyl Lantai Vs Lantai Kayu, Mana Yang Paling Baik?

Vinyl Lantai Vs Lantai Kayu, Mana Yang Paling Baik?

Vinyl lantai dan parket memiliki kesamaan berupa motif dan bisa memberikan kesan hangat dan nuansa alami di dalam ruangan. Tapi banyak orang masih bingung dalam mempertimbangkan untuk memilih mana paling bagus. Dan di dalam artikel saya akan menjelaskan pertimbangan yang paling bagus untuk anda dalam memilih vinyl atau parket.

Pada dasarnya terdapat bahan penutup lantai yang sudah banyak terdapat dipasaran, ini bisa dibedakan dalam 3 kategori, yaitu:

  1. lantai yang alami seperti kayu solid (jati, kapur, uli, merbau, dan lain-lain).
  2. lantai yang sumbernya dari bebatuan seperti marmer, granit, dan juga limestone.
  3. lantai yang terbuat dari semen keramik, MDF, serta vinyl.

Sekarang ini saya akan membahas lantai yang alami (parket) dan lantai yang terbuat dari vinyl.

 

Lantai Kayu

Lantai kayu sampai saat ini masih menjadi bahan yang teramat popular untuk hunian karena bisa memberikan nilai estetika yang tinggi, kesan alami, dan segi kenyamanan. Bahan kayu yang memberikan fleksibel bisa memberikan suasana elegan, klasik, dan modern ataupu kontemporer.

 

Keuntungan menggunakan lantai kayu:

  • Bisa menjadi invenstasi yang menjanjikan, ketika anda menjual rumah dalam keadaan rumah yang memiliki lantai kayu.
  • Karena terbuat dari kayu solid, selain memberikan kesan hangat dan natural pada ruangan, namun juga memberikan rasa hangan ketika anda tidur di atas lantai tersebut atau berpijak di lantai kayu.
  • Bisa menyesuaikan suhu ruangan, jika udara dalam keadaan panas atau dingin maka suhu didalam ruangan bisa dibuat sejuk oleh lantai kayu.

 

Lantai Vinyl Motif Kayu

Lantai vinyl motif kayu sangat parktis untuk mengubah ruangan menjadi alami. Dibagian bawahnya terdapat perekat atau lem yang menjadi bidang untuk pemasangannya. Vinyl sangat mudah direkatkan pada lapisan plesteran atau lantai keramik sekalipun. Jika sudah bosa anda bisa melepas dan menggantikan vinyl motif lain. Bukan hanyak pemasangannya yang mudah, tapi juga perawatannya yang cukup mudah, sama halnya dengan keramik. Lantai vinyl memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca sehingga sudah banyak bangunan-bangunan publik yang menggunakan lantai vinyl.

 

Keuntungan menggunakan lantai vinyl motif kayu

  • Vinyl mudah dipasang, apalagi jika ruangan anda meliku-liku, maka anda pun bisa memasangannya sendiri.
  • Harga murah dibandingkan dengan lantai kayu solid
  • Relatif mudah dalam perwatannya
  • Daya tahan bisa mencapai 10-15 tahun, jika dirawat dengan benar

 

Demikianlah artikel ini saya buat mengenai perbandingan lantai vinyl dan lantai kayu. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk anda yang bisa menjadi bahan pertimabangan alam menentukan lantai mana yang paling baik.